BAB I
PENDAHULUAN
KONSEP DAN KATA KUNCI
Word Processor
WYSIWYG
Grafik
Pixel
Desktop Publishing (DTP)
Database
Field
Record
Spreadsheet
Modem
Surat Elektronik (e-mail)
TUJUAN OBJEKTIF
Setelah membaca dan mempelajari bab ini, anda akan mampu:
Ø Menjelaskan pengaplikasian komputer yang berhubungan dengan pendidikan yang diklasifikasikan sebagai seorang guru, asisten, atau pebelajar.
Ø Mendefenisikan dan menjelaskan masinga-masing kategori utama dari alat-alat software yang didiskusikan pada bab ini (word processor, grafik/desktop publishing, presenetation software, database, spreadsheet, dan telekomunikasi komputer).
Ø Menjelaskan dua atau tiga contoh dari penggunaan guru atau siswa dari masing-masing peralatan software yang didiskusikan pada bab ini.
Ø Mengidentifikasi satu masalah atau kesulitan untuk dipertimbangkan kapan harus mengimplementasikan masing-masing peralatan software yang didiskusikan pada bab ini.
PERENCANAAN UNTUK ISI BAB
Teknologi Pembelajaran untuk Belajar dan Mengajar, akan menunjukkan bagaimana meningkatkan belajar dengan mendesain pelajaran yang menggunakan teknologi pembelajaran, termasuk komputer dan media lainnya.
Pada bab 1 dan 2, kami memperkenalkan teknologi pembelajaran, dan memperkenalkan konsep dasar belajar dan teori-teorinya yang dapat membantu kita untuk memahminya. Merancang rencana pembelajaran untuk meningkatkan belajar siswa, anda harus memperhatikan jenis-jenis alat yang tersedia untuk membantu anda dan siswa anda. Pada bab ini, kami memperkenalkan komputer, sebuah alat yang multi bentuk yang dapat menguntungkan anda dan siswa anda dalam cara yang berbeda-beda. Kami memaparkan sebuah gambaran dari aplikasi-aplikasi komputer dalam belajar dan mengajar dan fokus pada peralatan-peralatan yang dapat membantu anda dan siswa anda dengan tugas-tugas umum. Informasi ini mempersiapkan anda untuk bergerak ke bagian II dari buku ini, dimana kita akan membahas rencana pembelajaran. Pada akhirnya, di bab 8 dan 9 dimana kita akan fokus pada pengimplementasian komputer dan internet dengan siswa anda.
PENDAHULUAN
Teman sekerja kita adalah seorang ahli pembuat model. Dia membuat semua model; replika plastik dari produk kemasan (contohnya boto untuk pafrum baru), model-model bangunan untuk mengilustrasikan rencana-rencana yang berhubungan dengan arsitektur, dan jenis-jenis kreasi lainnya yang terbuat dari plastik, serat gelas, dan materi-materi lainnya yang mungkin bisa kamu pikirkan yang dapat menjadi model. Dia diminta untuk menciptakan sebuah model alien masa depan yang akan digunakan dalam sebuah film fiksi baru-baru ini. Dia menggunakan berbagai jenis peralatan untuk membuat model-modelnya. Dia memiliki satu peralatan yang khusus, walupun dia juga menggunakan peralatan yang digunakan oleh orang lain. Peralatan tersebut adalah alat multi putar.
Alat multi putar adalah sebuah alat sejenis bor, yang memutar patil dengan kecepatan tinggi. Penggunanya bisa melekatkan alat-alat yang berbeda pada ujung patil seperti bor kekang, sebuah piringan bundar untuk memotong kayu, plaster, logam, atau material-material lainnya. Pemasangan berbagai jenis alat pengasah dapat digunakan untuk mencetak bentuk permukaan kayu, plaster ataupun serat gelas. Singkatnya, seperti namanya alat multi putar bisa melakukan banyak hal.
Orang banyak menyukai alat ini karena kemampuannya sangat bervariasi. Tidak perlu membutuhkan banyak alat yang berbeda, alat ini dapat menggunakan satu alat saja untuk melakukan pembuatan model yang berbeda secara sederhana dengan mengubah alat tambahannya untuk suat tugas tertentu. Dengan menggunakan alat yang multiguna tersebut, dia mampu menyelesaikan tujuan-tujuannya.
Komputer adalah alat yang multiguna untuk belajar dan mengajar. Alat ini bisa membantu dengan berbagai jenis latihan belajar mengajar. Tidak perlu alat-alat yang terpisah-pisah untuk latihan-latihan umum seperti menulis, menggambar, mengisi, dan menghitung. Komputer memiliki suatu alat yang bisa melakukan itu semua. Pada bab ini kita akan melihat lebih dekat lagi jenis alat multiguna ini.
Kemampuan dasar dari alat multi putar ditentukan oleh ciri fisiknya-patil yang berputar dan alat tambahannya. Kemampuan komputer ditentukan oleh hardware dan softwarenya yang terdiri dari sistem komputer yang khusus. Kemampuan fisik dari sistem komputer disebut hardware. Hardware mengatur batasan-batasan yang pasti pada apa yang dapat dilakukan komputer. Dengan hanya menggunakan layar monochrome, contohnya sebuah komputer tidak dapat menampilkan gambar-gambar yang multiwarna. Sebuah alat multiguna mengubah fungsi ketika peralatan yang dilekatkan diubah. Didalam sebuah komputer, fungsi berubah dengan mengubah softwarenya. Software adalah istilah untuk program-program atau perintah-perintah yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh komputer. Software membantu untuk membuka kemampuan hardware. Sebuah komputer mampu melakukan jenis tugas yang luar biasa, namun setiap tugas mengharuskan software yang tepat.
Dalam istilah populer, kata komputer mengacu kepada sebuah mesin yang memproses informasi berdasarkan seperangkat perintah. Ketika seseorang menggambarkan sebuah kompter, mereka memikirkan alat yang memiliki layar yang memiliki element-element seperti keyboard, bagian disk drive, dan sebuah monitor. Namun dalam kenyataannya, hal tersebut merupakan sistem komputer, kumpulan komponen-komponen termasuk komputer dan bagian-bagian non pokok, atau alat-alat yang hanya mendukung kemampuan komputer. Komputer merupakan alat untuk memproses data. Komponen-komponen non pokok bertugas membawa informasi ke dalam komputer (alat input) atau membawa informasi ke luar (alat output).
Ada tiga kategori sistem komputer yang secara umum dikenal. Yang paling besar dan yang paling kuat disebut Komputer Mainframe. Komputer ini memiliki kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, kecepatan memproses data yang sangat cepat, dan bisa digunakan oleh banyak orang secara spontan. Komputer mainframe sangat mahal dan biasanya digunakan oleh bisnisman, universitas, dan pemerintah untuk memproses tugas-tugas dalam skala besar. Komputer Mainframe yang paling kuat dan yang paling cepat disebut Supercomputers. Jenis sistem komputer yang kedua adalah minicomputer, yang memiliki ciri-ciri kapasitas penyimpanan data dan kecepatan memproses data yang sedang dan digunakan hanya beberapa orang saja. Jenis sistem komputer ini hanya digunakan oleh pebisnis kecil dan sekolah-sekolah yang lebih besar.
Kategori yang ketiga adalah personal komputer atau microcomputer adalah yang paling kecil, sedikit lebih kecil, dan agak lebih murah. Jenis komputer ini ditujukan untuk kegunaan pribadi. Sejak pekembangannya yang dimulai dari tahun 1970an, komputer ini menjadi tujuan bagi kebanyakan industri komputer. Dengan kata lain, kemampuan komputer pribadi sudah berkembang, perbedaan antara komputer pribadi dengan komputer yang lebih memiliki kapasitas kekuatan yang lebih sudah mulai kabur. Kita akan lebih memfokuskan perhatian kita kepada komputer pribadi karena merupakan alat yang mudah didapat dan berguna bagi pendidik dan pelajar. Gambar 3-1 menunjukkan sistem komputer pribadi. Untuk melihat komponen-komponen dan istilah, dapat dilihat pada Apendix A, “Memahami Sistem Komputer”. Lihat pada “Toolbox Tips” pada bagian ini untuk tips-tips penting dalam merawat sistem komputer.
PERALATAN-PERALATAN KOMPUTER
Betahun-tahun, guru sudah merencanakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat-alat yang bisa didapatkan oleh mereka – mesin tik, pensil dan kertas, buku rencana pembelajaran, kalkulator, dan lain-lain. Siswa juga telah menggunakan peralatan tradisional. Dalam beberapa kasus, peralatan-peralatan tersebut cukup populer. Namun kita memiliki yang terbaru, peralatan berbasis komputer yang dapat membantu guru merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran dan membantu siswa selama proses pembelajaran. Sangat penting memahami apa kegunaan peralatan ini dan bagaimana guru dan siswa menggunakanya. Kita akan memulainya dengan mengingat cerita pengalaman di kelas berikut.
Sampah, Polusi, dan Masalah Lingkungan
Judy Wood adalah seorang guru keals 6 SD yang sedang melakukan /mengajarkan pelajaran tentang sampah, polusi dan lingkungan. Dia memulainya dengan menunjukkan kepada siswa sebuah video tentang lingkungan dan masalah sampah dan polusi global untuk memberikan gambaran dan menimbulkan minat mereka. Lalu dia membuat sebuah presentasi di kelas untuk mengarahkan perhatian siswa pada masalah sampah dan polusi lokal untuk membantu mereka melihat bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk membantu lingkungan tetap bersih. Dahulu, Wood memberikan kuliah dan memberikan gambar-gambar ruangan untuk menguji siswanya. Sekarang dia meggunakan Microsoft Power Point yakni software presentasi elektronik yang membuat komputernya berfungsi sebagai slide proyektor. Program ini mudah digunakan dan bisa menampilkan gambar sewaktu presentasi berlangsung – membaca cepat berita utama tentang suatu wilaya pada sebuah surat kabar lokal, gambar-gambar dari tempat bermain yang menunjukkan sampah disekeliling wadah tempat sampah – sekarang setiap orang dapat melihat dengan mudah. Pembahasan siswa berpusat pada masaalh sampah dan polusi.
Dalam kelas tersebut, kelompok-kelompok siswa menyelidiki aspek-aspek yang berbeda dari permasalahan sampah dan polusi. Untuk membantu mereka mendapatkan latar belakang informasi mengenai sampah dan polusi, Wood menyeting sepasang program tutorial didalam CD-ROM, salah satunya mengenai sumber-sumber alam dan yang lannya mengenai ekologi, sebagai pusat pembelajaran pada komputer kelasnya. Siswa mempelajari program ini untuk mempelajari konsep dasar yang berhubungan dengan sumber-sumber alam, siklus alam, dan pengaruh polusi terhadap manusia, hewan dan tumbuhan sebagai masukan atau tambahan pada buku-buku text dan materi-materi yang ada di perpustkaan sekolah.
Tahun lalu, salah satu anggota kelompok memutuskan untuk menginvestigasi seberapa banyak sampah rumah tangga yang dihasilkan oleh setiap anggota keluarga selama seminggu. Kelompok tersebut menggunakan Spreadsheet Program untuk menyusun data dan membuat grafik untuk menunjukkan seberapa banyak kertas, plastik, logam dan lainnya yang dihasilkan oleh rumah tangga tersebut. Anak-anak sangat terkejut melihat sampah yang mereka buang dan mereka menjadi perhatian terhadap apa dampaknya bagi lingkungan.
Sementara kelompok yang lain tertarik pada masalah limbah air. Siswa-siswa yang ada dalam kelompok tersebut pergi ke lapangan dan mengumpulkan contoh-contoh air dari hulu dan hilir dari sebuah pabrik pengolahan air limbah. Mereka melakukan tes pada air untuk melihat apakah air yang berasal dari hilir dari pabrik tersebut lebih kotor dari pada air yang berasal dari hulu. Dengan sedikit bantua dari Wood, anak-anak menemukan sebuah situs di internet dimana mereka bisa mengecek standard EPA untuk kualitas air dan membandingkannya dengan hasil yang mereka peroleh.
Pada hampir akhir pertemuan di kelas, Wood menyusun sebuah perjalan ke lapangan ke sebuah area lokal supaya siswa-siwanya dapat melihat dan mempelajari bagaimana sampah-sampah dibuang. Dia menggunakan database siswanya dan program pengirim surat elektronik untuk mengirim surat kepada orang tua untuk bisa menemaninya dalam perjalanan. Dalam waktu yang singkat banyak orang tua yang rela menemaninya dalam perjalanan tersebut. Orang-orang yang ada di area tempat pembuangan sampah tersebut menjelaskan kepada siswa bagaimana sampah-sampah tersebut ditangani dan bagaiman tempat ini mencegah terciptanya masalah polusi.
Pada akhir pertemuan kelas, setiap kelompok siswa mepresentasikan hasil investigasi mereka di depan kelas. Beberapa kelompok menggunakan poster untuk menujukkan hasil inverstigasi mereka, kelompok yang lain menggunakan HyperStudio, sebuah program authoring multimedia untuk membuat presentasi mulitmedia, dan satu kelompok yang lain membuat video dari hasil investigasi mereka. Sebagai langkah akhir, mereka mempraktekan apa yang telah mereka pelajari. Mereka menulis surat kepada masyarakat dengan menggunakan word processor yang ada pada komputer kelas. Kelompok yang meneliti tentang limbah air mengirim hasil penlitian mereka kepada pabrik lokal. Beberapa siswa menulis surat dan berterima kasih kepada orang-orang yang berada di area lokal tempat pembuangan sampah untuk perjalanan yang sudah dilakukan. Siswa yang lain menulis surat kepada walikota agar mengajak selurh masyarakat untuk melakukan daur ulang. Siswa-siswa tersebut memulainya dengan program daur ulang kertas dan kaleng aluminium yang ada di sekolahnya. Dan hal itu masih berlangsung sampai sekarang.
Pertanyaan Refleksi
1. Bagaimana Judy Wood menggunakan peralatan berbasis komputer? Bagaimana siswanya menggunakan peralatan tersebut?
2. Bagaimana cara lain yang mungkin telah dilakukan Wood pada penggunaan peralatan berbasis komputer untuk membantu siswanya dalam belajar?
3. Mungkinkah Wood telah menggunakan media tradisional dalam penempatan peralatan berbasis komputer dalam kelasnya? Media tradisional yang mana dan dalam situasia apa?
Komputer Sebagai Guru, Asisten, dan Siswa
Komputer adalah mesin yang sangat kuat dengan berbagai kegunaan yang berbeda dalam bidang pendidikan. Hal ini direfleksikan dalam sebuah skema pegelompokan populer yang dikembangkan oleh Robert Taylor (1980). “Model tutor, alat, tutee” Taylor membagai pengaplikasian komputer dalam pendidikan menjadi tiga kategori utama: komputer sebagai guru, komputer sebagai asiste, dan komputer sebagai siswa. Pada kategori yang pertama, komputer menampilkan pembelajaran kepada siswa. Pada bagian kedua, komputer membantu guru dan siswa dalam melakukan tugas-tugas rutin seperti menulis, menghitung, atau menyajikan informasi. Pada bagian ketiga, komputer berperan sebagai “siswa” dan siswa “mengajari” komputer untuk melakukan beberapa tugas. Dalam perkembanganya perbedaan ketiga kategori tersebut mulai kabur. Walupun bukan sesuatu yang sangat penting, namun mengetahui perbedaan ketiga kategori tersebut berguna bagi pendidikan.
PERANAN KOMPUTER SEBAGAI GURU
Anda tentu saja bisa menggunakan komputer untuk menampilkan pembelajaran secara langsung kepada siswa. Dalam hal ini, komputer melibatkan kegiatan-kegiatan secara tradisional yang bekerja sama dengan guru atau tutor. Komputer menampilkan pembelajaran, menyediakan aktifitas-aktifitas pembelajaran, kuis atau sejenisnya yang mengadakan interaksi dengan siswa, mengevaluasi respon siswa, menyediakan umpan balik, dan menentukan aktifitas-aktifitas lanjutan yang tepat. Sebagai mesin mengajar, komputer dapat menjadi lebih interaktif, individualis dan jauh lebih sabar. Pada gambar sebelumnya, program tutorial pada CD-ROM menyediakan pembelajan untuk siswa untuk membantu mereka mempelajari konsep dasar tentang sumber-sumber alam dan lingkungan. Aplikasi-aplikasi komputer yang digunakan untuk mengajar biasanya diberi label computer-based instruction (CBI), computer-assisted instruction (CAI), atau computer-assisted learning (CAL). Ada banyak jenis kategori computer-based instruction: Praktek dan Latihan,Tutorial, Simulasi, Permainan Pembelajaran, dan Pemecahan masalah. Kita akan bahas masalah ini pada bab 8.
PERANAN KOMPUTER SEBAGAI SISWA
Ketika komputer berperan sebagai siswa atau dalam istilah yang dibuat Taylor (1980) yaitu model “tutee”, peran tradisional komputer dan siswa berbalik. Komputer menjadi siswa, dan pengguna komputer menjadi guru. Tujuannya untuk pengguna adalah mengajarkan komputer untuk menampilkan beberapa tugas. Untuk mencapai tujuan ini, pengguna harus mempelajari bagaimana menampilkan tugas kemudian harus mengkomunikasikannya ke komputer sehingga komputer tersebut paham. Dengan kata lain, pengguna harus memprogram atau mengarahkan komputer untuk melakukan sesuatu. Hal tersebut membuthkan logika berpikir dan kemampuan pemecahan masalah, dan sebagai hasilnya, banyak ahli yakin bahwa ini adalah salah satu cara yang berharga untuk menggunakan komputer dalam bidang pendidikan. Dengan melakukan serangakian kegiatan diatas maka dapat meningkatkan bahasa komputer tradisional seperti Logo, BASIC, dan C setara dengan peralatan authoring mutlimedia/hypermedia lainnya seperti HyperStudio, Toolbook, HyperCard, dan Director. Di dalam cerita pengalaman yang dipaparkan sebelumnya, kelompok siswa menggunakan HyperStudio untuk menciptakan presentasi multimedia untuk proyek mereka. Kita akan lihat secara detail konsep komputer sebagai siswa pada bab 8.
PERANAN KOMPUTER SEBAGAI ASISTEN
Sebagai asisten, komputer membantu guru dan siswa dalam melakukan tugas-tugas rutin. Fungsi komputer sebagai asisten bisa saja sebagai tipe-x, sistem pengisian manual, lembar finasial, canvas artis, daftar tabel, dan banyak lagi. Program software (biasanya disebut applications) untuk kegunaan tersebut meliputi word processors, paket grafik, software presentasi, database, spreadsheet dan program telekomumikasi. Guru biasanya menggunakan komputer sebagai alat pekerja penyimpan data untuk menghasilkan materi-materi pembelajaran (contohnya bahan cetak, grafik, presentasi) dan mengatur pembelajaran mereka (contohnya mengatur nilai dan menghitung ranking siswa). Tentu saja, siswa juga dapat menggunakan komputer sebagai asisten. Siswa bisa menggunakan komputer untuk menghasilkan materi (contohnya makalah, presentasi). Dalam cerita pengalaman Wood sebelumnya diceritakan bahwa Wood menggunakan komputer sebagai asisten untuk mengembangakan dan membuat presentasi kepada siswa serta mengundang relawan dari orang tua untuk perjalanan ke lapangan. Siswa menggunakan komputer sebagai asisten untuk tabulasi data penelitian, membuat grafik, dan menulis surat kepada masyarakat.
Komputer adalah alat mutlibentuk yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam cara yang berbeda di dalam kelas. Kita akan membahas peran komputer sebagai guru dan siswa lebih jauh pada bab 8 ketika kita akan membahas implementasi pembelajaran dengan siswa. Sebagai pengingat pada bab ini, kita akan fokus kepada komputer sebagai asisten. Dalam peran ini, komputer membantu guru dalam merencanakan dan mengatur pembelajaran, dan membantu siswa dalam mengorganisasikan dan mepresentasikan pekerjaan mereka. Software yang memungkinkan komputer berperan sebagai asisten terdiri dari beberapa kategori utama yaitu word processors, alat grafik dan layar tampil, software presentasi, program pengaturan database, spreadsheet, dan program telekomunikasi.
WORD PROCESSORS
Word processor diakui secara umum menjadi peralat komputer yang paling banyak digunakan untuk produktivitas pribadi. Word processor adalah aplikasi yang mengijinkan untuk masuk, mengedit, merevisi, memformat, menyimpan, mengambil data dan mencetak teks. Word processor yang populer untuk komputer pribadi adalah Microsoft Word dan Corel WordPerfect setara dengan word processor pada paket terpadu seperti Microsoft Works dan AppelWorks (sebelumya ClarisWorks). Ada juga word processor yang mudah digunakan yang didesain untuk sekolah seperti Bank Street Writer dan Write This Way.
Word processor adalah alat untuk menulis. Alat ini berfungsi mengurangi kesulitan-kesulitan yang berhubungan dengan editing dan menghasilkan versi tulisan yang dicetak secara mekanis. Setelah anda memasukkan text, maka text tersebut muncul di monitor. Jika anda membuat kesalahan maka dengan mudah dapat diperbaiki sebelum anda mencetaknya. Pengeditan yang lebih kompleks seperti memindahkan atau menyisipkan paragraf baru bukanlah sesuatu yang sulit dari pada memperbaiki sebuah huruf yang salah ketik. Anda bisa meluruskan dan memformat text semau anda, dan bisa juga mengecek tata bahasa dan ejaanya. Setelah memperbaiki text, anda dapat mencetaknya. Anda juga bisa menyimpannya pada disket komputer untuk mendapatkan data, revisi dan penggunaan data kembali
Fitur-Fitur Word Processor
Fungsi yang paling utama dari word processor terletak pada empat kategori utama yaitu: (1) memasukkan data dan pengeditan, (2) memformat text dan penyusunan halaman untuk pencetakan, (3) fitur khusus bantuan, dan (4) penyimpanan dan pengambilan dokumen. Tabel 3.1 merangkum fitur-fitur umum word processor di dalam keempat kategori ini.
Dengan sangat sederhannya word processor memasukkan dan mengedit text. Word processor juga menyediakan kontrol yang sangat tinggi terhadap tampilan halaman yang dicetak. Walaupun tingkat tampilan pada komputer secara akurat merupakan tampilan aslinya namun tampilan halaman yang dicetak bervariasi dari satu word processor ke word processor lainnya. Sekarang hampir semua menjadi seperti apa yang dilihat yang disebut dengan WYSIWYG (what you see is what you get). Dengan kata lain, word processor menampilkan dokumen pada layar monitor seperti apa yang akan dilihat ketika dokumen tersebut dicetak. (figure 3-2).
Fitur khusus bantuan membuat tugas menulis anda lebih mudah dan hampir jauh dari kesalahan. Hampir semua word processor memiliki pengecek tata bahasa. Beberapa pengecek tata bahasa bekerja ketika anda memasukkan text dan bahkan ada diantarnya mengecek tata bahasa dasar (contohnya: subject, verb, agreement). Word processor juga mendukung disk penyimpanan dan pengambilan data. Anda akan membuat handout-handout yang berbeda ketika anda mengubah isi pembelajaran. Anda dengan mudah dapat mengambil versi handout yang lama dari disk, mengeditnya untuk mencerminkan isi yang terbaru dan kemudian mencetaknya.
Contoh Penggunaan Word Processor oleh Guru dan Siswa
Guru dan siswa dapat menggunakan word processor dengan cara yang berbeda-beda. Berikut contohnya:
Penggunaa Word Processor oleh Guru:
Ø Menyiapkan rencana pembelajaran, handouts, lembar kerja, dan materi-materi pembelajaran lainnya.
Ø Merekam ide-ide selama sesi pemanasan di dalam kelas.
Ø Menciptakan kuis, tes, dan bentuk-bentuk evaluasi lainnya.
Ø Menulis surat, surat ijin, newsletters, dan bentuk-bentuk komunikasi lainnya yang berhubungan dengan orang tua, siswa, dan administrasi.
Penggunaan Word Processor oleh Siswa:
Ø Menulis makalah dan tugas-tugas yang berhubungan dengan penulisan.
Ø Menampilkan kegiatan-kegiatan sebelum menulis seperti brainstorming, note taking, dan pengumpulan ide-ide.
Ø Menulis catatan untuk mendukung pembelajaran atau ketika belajar untuk menghadapi ujian.
Masalah dan Kesulitan
Walupun merupakan suatu alat yang luar biasa bukan berarti tidak berpotensi memiliki masalah. Penggunanya harus belajar secara rutin untuk memastikan teks benar-benar ditampilkan dan dicetak didalam komputer. Penggunaan yang salah relatif umum seperti masalah memformat paragraf, menambah spasi atau garis yang tidak diinginkan, dan menggunakan spasi sebagai pengganti tab ke posisi teks. Pencarian menyeluruh dan masalah penggantian kata juga umum terjadi. Menggantikan kata “tree” dan “pine” dengan kata “main stree” dan “main spinet” dapat dilakukan.
Guru bisa saja meghadapi masalah yang lain. Pada awalnya, beberapa guru takut bahwa kepercayaan mereka pada word processor dapat memberikan efek yang merusak pada kemampuan menulis siswa. Tentu saja word processor seharusnya tidak digantikan untuk latihan tulis tanggan. Sebai siswa, belajar menggunakan word processor dan penguasaan keyboard sangatlah penting. Siswa yang kurang paham tentang pengasaan keyboard bisa terhambat oleh kecepatan mengetik yang lambat. Ada juga bahaya yang dapat ditimbulkan karena terlalu mempercayakan kepada alat pengecek kata dan ejaan pada komputer. Contohnya siswa mempercayakan bentuk kata dan ejaan yang ia buat pada alat pengecek kata dan ejaan tanpa melihat konteksnya. Hasilnya kata tersebut akan diubah namun secara konteks situasi yang salah. Diharapkan siswa masih harus memperhatikan isi dari tulisan yang ia buat.
Perlu diingat bahwa word processor bukanlah alat yang bisa memberikan keajaiban. Penggunanya masih harus memperhatikan tulisan dan harus belajar menggunakan fitur-fitur program yang sesuai dengan tujuan. Guru harus memadukan penggunaan word processor kedalam proses pendekatan kohesif pada penulisan untuk penggunaan yang efisien dan maksimal.
GRAFIK DAN DESKTOP PUBLISHER
Word processor adalah alat untuk memanipulasi teks, sementara grafik adalah alat yang berhubungan dengan informasi dengan menggunakan gambar. Penjelasan informasi dengan menggunakan gambar didalam komputer dapat dijelaskan dengan suatu program yang disebut dengan “grafik” dengan fitur-fiturnya seperti chart, graph, drawing, animated flying, dan photographic reproduction. Gambar-gambar yang ada di grafik pada monitor merupakan kumpulan banyak titik-titik. Masing-masing titik merupakan bagian dari gambar, atau disebut dengan pixel. Pada grafik bitmapped (terkadang disebut dengan grafik lukis), masing-masing pixel secara langsung menggambarkan masing-masing gambar. Komputer tersebut harus tetap menjaga informasi warna dan posisi masing-masing pixel. Pada grafik vektor, komputer mengingat langkah-langkah dalam menggambar sebuah gambar. Grafik vektor bisa mengubah gambar tanpa menurunkan kualitas gambar. Pada grafik bitmapped, gambar akan kelihatan kasar dan kabur jika diperbesar. Beberapa jenis grafik didesain untuk meggunakan grafik bitmapped dan beberapa jenis grafik lainnya menggunakan grafik vektor.
Walupun beberapa jenis word processor bisa memasukkan grafik pada teks namun hal tersebut tidak selamanya dapat dilakukan. Pada pertengahan tahun 1980 sebuah software terbaru muncul untuk mengontrol grafik dan teks pada satu halaman. Program Desktop Publishing memberikan kendali kepada penggunanya untuk mengontrol komposisi-komposisi dan layout-layout yang diinginkan pada grafik dan teks pada satu halaman. Jenis software ini sangat penting untuk aplikasi-aplikasi pendidikan seperti majalah siswa.
Fitur-Fitur Grafik
Beberapa jenis grafik komputer telah dikembangkan untuk membuat model-model grafik yang berbeda. Komponen-komponen alat yang adap pada grafik membantu anda untuk membuat creative art, business dan scientific graphic, mechanical drawing, print, dan desktop pulishing.
Creative Art
Software grafik adalah software yang bisa digunakan untuk membuat grafik atau memodifikasi grafik yang sudah ada. Biasanya anda bekerja dengan sebuah mouse atau pinggan gambar seperti seorang seniman yang berisikan pensil, kuas, pinggan warna dan penghapus. Anda juga bisa menggambar garis, kotak, lingkaran, dan poligon kurva serta bentuk yang tidak teratur dengan sempurna. Anda juga bisa memindahkan dan memutar grafik, memotong, dan mengcopinya. Anda juga bisa memilih dan mengontrol warna serta membuat bentuk dengan warna. Efek khusus juga bisa digunakan dengna menggunakan bluring, textures, dan penambahan bayangan. Software grafik yang populer adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Metacreation, Painter, dan Microsoft PhotoDraw.
Business dan Grafik Scientifc
Program yang menghasilkan grafik bisnis dan ilmu pengetahuan ada pada jenis kategori software ini. Program ini menerima data dari dalam program atau dari luar program lain (contohnya program spreadsheet) dan menghasilkan sebuah grafik atau gambar berdasarkan spesifikasi pengguna. Grafik bisnis selalu menampilkan grafik bar, grafik pie, dan grafik garis. Materi-materi IPA dan Matematika yang berorientasi pada grafik garis seperti Trigonometri dan fungsi-fungsi Matematika lainnya dapat menggunakan program ini. Contoh dari katagori program ini adalah Cricket Graph, Graphers, Graphical Analysis, Harvard Graphics, Microsoft Graph dan The Graph Club. Sekarang ada juga yang terbaru dari jenis kategori software ini yang diperuntukkan untuk komputer pribadi yakni grafik kalkulator yang menggambarkan grafik data-data statistik dan fungsi-fungsi Matematika lainnya. Grafik Kalkulator sangat populer di kelas IPA dan Matematika.
Mechanical Drawing
Aplikasi-aplikasi tradisional mengandalkan komputer pada saat ini. CAD digunakan untuk perencanaan produksi dan rancangan dasar untuk arsitektur, untuk desain bagian-bagian mesin, dan sebagainya. Contoh program yang populer dari kategori ini adalah AutoCAD, PowerCADD, dan IntelliCAD.
Print Graphics
Hampir semua program grafik memiliki program printing yang mampu membuat Clip-art untuk mengahasilkan hasil cetakan yang sederhana seperti tanda-tanda/isyarat atau bendera. Produk yang paling populer dari jenis kategori ini adalah Printshop dan PrintMaster yang menyediakan tanda-tanda/isyarat, kartu ucapan, dan bahan-bahan lainnya yang dapat membuat grafik tampil bagus.
Desktop Publishing
Desktop Publishing (DTP) adalah program yang fokus pada susunan grafik dan teks pada halaman yang dicetak. Komponen halman terdiri dari fitur-fitur identifikasi seperti jumlah kolom teks yangakan menempati, ukuran dan posisi judul besar, ukuran huruf cetak teks yang digunakan, spasi teks, posisi grafik, dan bagaimana teks menempel pada grafik. Walaupun word processor mampu melakukan hal-hal tersebut namun Desktop Publishing lebih mampu mengontrolnya dan lebih cermat. Namun penting diketahui bahwa Desktop Publishing bisa saja tidak digunakan untuk bebeapa aplikasi pendidikan. Sebagian program Desktop Publishing mencakup word processor dan fungsi grafik. Sebagai tambaha, software DTP ini juga didesain untuk mengambil teks dan gafik dari sumber lain seperti word processing dan program grafik. Desktop Publishing yang utama adalah Adobe Page Maker, Quarks Xpress, dan Ventura Publisher yang merupakan jenis dari software ini yang mudah dan sederhana untuk digunakan di sekolah.
Contoh Penggunaan Untuk Guru dan Siswa
Anda bisa menggunakan grafik dan Desktop Publishing dengan cara yang berbeda di kelas. Berikut adalah contohnya:
Penggunaan untuk guru:
Ø Membuat handout, lembar kerja, dan materi-materi pembelajaran untuk siswa.
Ø Membuat tanda-tanda isyarat dan materi grafik untuk gambar kelas.
Ø Mengatur informasi grafik (contohnya: gambaran siswa) pada database siswa.
Ø Mendesain dan membuat laporan berkala untuk dikirim kepada orang tua.
Penggunaan untuk siswa:
Ø Membuat gambar untuk buku-buku kecil, laporan, dan materi-materi yang digambar.
Ø Membuat grafik data yang dikumpulkan pada kelas Lab IPA.
Ø Membuat surat kabar sekolah dan buku tahunan.
Masalah dan Kesulitan
Salah satu resiko yang nyata dari penggunaan grafik dan desktop publishing di sekolah adalah siswa cenderung berlebihan. Siswa dan guru cenderung lebih fokus kepada bagaimana membuat grafik tampil lebih bagus dengan menggunakan program-program yang ada di dalamnya tanpa memperhatikan hasil atau isi grafik.
Software Presentasi
Software presentasi adalah software yang didesain untuk menghasilkan dan menampilkan teks dan gambar untuk sebuah presentasi kelompok. Diperuntukkan untuk mengganti fungsi media prsentasi tradisional seperti slide dan OHP. Informasi mudah dimasukkan, diedit, dan ditampilkan. Dengan menggunakan software presentasi ini, sangat mudah membuat presentasi yang profesional yang dilengkapi dengan elemen-elemen multimedia. Software presentasi yang poppuler adalah Microsoft Power Point, Adobe Persuasion, Lotus, Freelance Graphics, Corel World Perfect Presentation, dan Gold Disc’s Astound.
Fitur-fitur Software Presentasi
· Slide format. Sebagian besar software presentasi diatur disekitar slide, dapat juga disamakan dengan slide foto. Apa yang ditampilkan pada layar merupakan sebuah slide foto. Masing-masing slide bisa memilih perbedaan elemen-elemen seperti teks, grafik, titik-titik, dan elemen-elemen multimedia. Ketika anda sudah membuat slide-slide, anda bisa menyusun susunannya seperti seorang fotografer yang mengatur slide-slidenya untuk membuat presentasi atau penyajian slide.
· Slide template. Slide template biasanya digunakan untuk menyederhanakan proses pembuatan slide-slide. Template ini menyediakan Preselected Formating, Artwork, Font, Text Style, Bullets, dan Effect khusus. Anda dengan sederhana dapat memilih template yang diinginkan dan memsukkan infomasinya. Secara otomatis, program ini akan mengaplikasikan format template tersebut.
· Slide effek khusus. Untuk menegaskan point dari presentasi, anda bisa menambahkan bullet atau teks animasi untuk menunjukkan point-point tersebut. Sejumlah efek khusus juga tersedia seperti efek menghancuran, menyeka dan memudar.
· Printing. Software presentasi ini juga mampu mencetak slide dalam berbagai ukuran mulai ukuran satu halaman untuk masing-masing slide hingga ukuran beberapa slide untuk satu halaman.
· Disk storage dan Retrieval. Tentu saja, software ini memperkenankan informasi untuk disimpan pada disket atau dicari pada disket. Presentasi yang banyak bisa dipadatkan dan disimpan di dalam disket.
· Text entry dan editing. Karena teks merupakan elemen yang penting dalam sebuah presentasi, maka software ini menyediakan fitur-fitur dasar untuk memasukkan teks dan cara pengeditannya termasuk di dalamnya pengaturan jenis, gaya dan bentuk huruf. Selain itu software ini juga menyediakan fitur “chalk” yang bisa digunakan untuk menulis sesuatu pada slide dengan menggunakan mouse selama prsentasi berlangsung seperti penggunaan kapur pada papan tulis.
· Grafik. Grafik juga merupakan elemen yang penting dari sebuah informasi. Software ini memperkenankan anda untuk mengambil grafik dari program-program lain.
· Elemen multimedia. Sebagian besar software presentasi menyediakan elemen-elemen multimedia seperti digitized audio, digitized video, hypermedia link, dan pengontrol alat eksternal seperti audio CDs. Dengan kemampuan multimedia, software presentasi ini sekarang memiliki slide proyektor, OHP, tape recorder, VCRs yang digabung menjadi satu.
· Internet compatibility. Tren terbaru dari software ini adalah kemampuan menyesuaikan dengan internet atau jaringan. Anda dapat berhubungan ke Website dalam presentasi anda. Disamping itu, beberapa aplikasi mampu menyimpan presentasi anda ke Hypertext Markup Language (HTML) yang memperkenankan anda untuk menempatkan presentasi anda pada sebuah Website untuk dilihat secara langsung.
Contoh Penggunaan untuk Guru dan Siswa
Penggunaan oleh Guru
Ø Mendukung perkuliahan atau presentasi di kelas
Ø Membuat presentasi di sekolah, rapat profesional di tempat-tempat non-sekolah.
Ø Menampilkan informasi pada suatu acara seperti malam open house orang tua.
Ø Merekam hasil brainstorming atau aktivitas-aktivitas pengembangan lainnya di kelas.
Ø Menyiapkan catatan, gambar atau materi-materi lainnya yang dapat dicetak, ditransfer ke gambar-gambar slide, atau ditempatkan ke Web.
Penggunaan oleh Siswa
Ø Menyiapkan informasi textual, gambar, atau materi lainnya yang dapat dicetak, ditransfer ke gambar slide atau ditempatkan ke Web.
Ø Membuat laporan atau presentasi di dalam kelas.
Masalah dan Kesulitan
Masalah yang muncul pada penggunaan grafik dan alat-alat lainnya pada komputer di sekolah pada umumnya sama. Software presentasi khususnya template yang sudah tersedia mampu membuat isinya kelihatan bagus. Sayangnya, isinya sangat buruk. Seharusnya siswa harus menyadari bahwa isi yang bagus adalah hal yang utama. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah menyuruh siswa untuk menyusun sendiri presentasinya di template yang masih kosong. Setelah membuat isinya, siswa dapat fokus pada penambahan penampilan visual. Ingatkan siswa untuk menghindari efek-efek yang berlebihan ketika penambahan elemen-elemen visual. Prinsip desain yang bagus masih harus diterapkan.
Software presentasi mampu meningkatkan minat dan melakukan perkuliahan dengan menggunakan software ini. Akibatnya guru selalu melakukan pembelajaran dengan menggunakan software presentasi. Guru akan melakukan cara presentasi dalam pembelajaran sementara ada banyak metode yang paling bagus lagi yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
DATABASE KOMPUTER DAN DATABASE MANAJEMEN
Database adalah daftar informasi/data yang terorganisir buku telepon, kumpulan resep, dan kumpulan majalah-majalah yang lama adalah bagian dari database buku telepon yang diatur dengan baik jika kita menuliskan informasi seseorang yang terkhir kita peroleh di daftar buku teleon yang tersedia. Kumpulan resep yang diatur dengan baik juga menyajikan kategor, makanan pembuka, utama dan penutup. Namun menjadi sulit apabila misalnya kita ingin mencari atau makan makanan yang sedikit mericanya. Atau mencari artikel yan dengan topic tertentu. Tetapi menjadi mudah apabila daftar informasi itu disimpan secara komputerisasi.
Keuntungan (database secara komputerisasi) disimpannya informasi secara komputerisasi :
1. Akses yang fleksibel secara konputerisasi dapat diperoleh informasi secara cepat dan tepat, misalnya daftar no. telephone disimpan secara komputerisasi akan otomatis mencari sendiri informasi yang kita inginkan. Kategri lainnya di daftar informasi yang terofganisir tersebut kita juga dapat mencari kartu/catalog elektronik tersusun berdasarkan judul, subjek, pengarang, kata kunci tapa harus beralih ke catalog lainnya.
2. Informasi dalam jumlah yangbesar daftar informasi (database elektronik) data elektronik ini menyediakan akses ke infomasi yang sangat luas. CD-Rom/ dapat menyimpanm dalam ukuran ensiklopedia. Dari internet kita jug adapt memperoleh no. telephone seseorang yang berdomisili di AS yang mempunyai daftar publik.
3. Kenyamanan/kemudahan manipulasi daftar informasi/data (databese) elektronik juga dapat mempemudah memperoleh/menyediakan informasai yang kita inginkan. Sekolah-sekolah dengan informasi tentang Siswa/database pribadi, kelas/tingkatan dan informasi administrasi secara database elektronik dapat secara cepat diatur secara sitematis dan dalam jumlah besar berdasarkan kelas atau misalnya mengidentifikasikan seluruh guru-guru yang seharusnya melaporkan ketidakhadiran Siswa-Siswa hanya karena acara band musik.
Ciri-ciri program daftar informasi/data (database) secara konuterisasi
Pada bagian ini akan ditekankan pada aplikasi database pada computer digunakan secara perorangan. Disebut sestem manajemen database (DBMS). Software/perangkat lunak manajemen database memampukan untuk memasukkan, mengedit, menyimpan, menyusun secara alphabet dan mencari/menggali secara mendalam dan melalui database.
Tipe-tipe database secara computer :
1. Field (baca : filt) di computer secara terminology kategori individual dari informasi yan diperoleh disebut ‘field’, untuk setiap orang ada data diri yaitu nama, alamat, nomor telepon. Jadi ada ‘field nama’ field alamat, field nomor telepon dan seterusnya.
2. Record (baca : rekot) catatan tentang informasi yang diperoleh dalam field disebut record.
3. Kumpulan record disebut datafile. Datafile adalah mencakup satu pada hal sederhana,. Satu database adalah satu datafile. Pada hal yang lebih kompleks satu database adalah kumpulan dari datafile yang berhubungan satu sama lain .
Perangkat lunak manajemen database memengkinkan kita menciptakan dan bekerja dengan database melalui :
- Mendefinisikan field-field (kategori individual dari setiap informasi yang diperoleh)
- Mengatur field yang merupakan kumpulan record
- Mengurutkan informasi dengan cara yang berbeda (misal : mengurangi data nama berdasarkan alphabet)
- Mencari infomasi secara selektif (misalnya : mencari keseluruhan orang-orang yang tinggal di tempat tertentu)
- Menghasilkan peloporan atau yang bervariasi menyimpulakan informasi dan menyajikannya.
- Menyimpan database dan memperoleh kembali data tersimpan di waktu yang kita inginkan dari disket.
Ada 2 variasi manajemen database tradisional dalam suatu program :
1. Data datar yang tertentu hanya pada satu data yang tersimpan seperti program Microsoft dan program Apple
2. Database relational yang lebih komplets, kuat memungkinkan salaing hubungan ari satu datafile, seperti mencari data diri dengan makanan yang sering dimakan. Pada data menu makanan contohnya : Microsoft Access, Dbase, paradox, File Maker Pro.
Contoh Kegunaan Untuk Guru dan Pelajar
Kegunaan Untuk Guru
- Menciptakan dan menyajikan Informasi dasar secara berkelajutan tentang Siswa- Siswa di kelas.
- Membangun data-data bibliografi dalam bentuk bukudan atau artikel yang sesuai di sekolah yang mendukung kurikulum
- Menyimpang recorel dari media dan material- material yang sesuai di ruang kelas atau pusat informasi / pusat sumber terkait lainnya.
- Membangun satu kumpulan dari zat atau pertanyaan – pertanyaan dalam kulis sesuai dengan topic, bab objek dan alat iden tifikasi seperti Taksonomi Bloom.
- Menyediakan /menyimpan susunan dari metode-metode pengajaran, stategi-strategi dan rencana pelajaran.
Gambar 3-7 Lembaran data (spread sheet) dalam program
Microsoft Untuk menghitung rata-rata / tingkatan nilai dari Siswa.
Nama | Kuis 1 | Kuis 2 | Kuis 3 | Kuis 4 | Ujian Mid | Semester | Rata-Rata | |
Nama akhir (keluarga) | Nila Kuis Pertama | Nilai Kuis Kedua | Nilai Kuis Ketiga | Nilai Kuis | 86 | 90 |
Secara otomatis dapat dicari rata-rata nilai Ujian siswa sehingga dapat diklasifikasikan tingkatannya berdasar nilai |
Kegunaan Untuk Siswa
Ø Menempatkan Iformasi sederhana dalam mempersiapkan data base seperti katalog kartu elektronik milik sekolah
Ø Mengembangkan pemecahan masalah dan kemampuan tingkat analisis berpikir tinggi dengan menari tahu jawaban-jawaban pada dari pertanyaan-pertayaan kompeleks melalui pencarian database.
- Mengembangkan database asli untuk menjaga jenis-jenis inforimasi yang berbeda.
Masalah dan Hal yang tidak dapat diduga (kiasan)
Siswa, khusunya pelajaran muda harus mengetahui secara baik konsep riset sebelum menggunakan database secara koputerisasi untuk menemukan informasi kemampuan Riset perpustaka yang miskin akan merepresentasikan pada kempuan dengan untuk menggunakan data base secara komputerisasi, Contoh-contoh fan alat bantu dibutuhkan oleh pelajar untuk mengerti logika boolean dan tekik-teknik pencarian yang lebih kompleks.
Pelajaran juga wajib mengetahui batasan database hipotensi perlu dilakukan kegagalan mungkin dilakukan data base secara komputerisasi Analisis kebutuhan dan perencanaan baik sangat di butuhkan untuk di lakukan berbeda program sederhana mungkin tidak bias berubah ketika kita menyajikan pengertian dari struktur database, contohnya, komponen-komponen. Perencanaan dengan hati-hati dapat membantu meminimalisir masalah.
Lembaran Penyebaran Data Secara Komputerisasi
Lembaran penyebaran data elektronik adalah alat penghitungan umum disajikan dalam bentuk lembsran kerja oleh seorang akuntan satu lembaran penyebaran data terdiri atas kolom dan baris, setiap titik potong dari satu baris dan satu kolom disebut satu sel.(seperti dijelaskan satu gambar 3-7). Satu sel terdiri dari satuan angk, satu label teks atau rumus (formula). Formula adalah eksperes/ penyajian matematis yang secara langsung mengarahkan lembaran penyebaran data untuk menyajikan bermacam-macam jenis kalkulasi dalam lembar penyebaran data yang telah dikenal
Adalah Microsoft exel, lotus 1-2-3 dan Quattro pro, the cruncher khususnya dipakai di sekolah-sekolah. Lembaran penyebaraab data punya kegunaan lebih dari pada metode kertas, alat tulis, sebagai metode manipulasi angka-angka, pengulangan, membangun rumus, kemampuan menyasikan.
Hasil penghitungan data dengan rumus yang sama pada lembaran penyebaran data yang berbesa). Rekalkulasi cepat, kemampuan. Melihat dengan cepat efek dari membuat perubahan.
Ciri-ciri dari lembaran penyebaran Data.
1. Fungsi matematis : lembaran penyebaran data yang menyajikan rangkaian fungsi matematis, statishika, fungsi logaritma, fungsi triqonometri dan fungsi financial secara umum. Fungsi-fungsi ini dapat membangun suatu rumus.
2. Membuat format : label text atau angka-angka dapat diatur dengan bermacam cara. Label teks atau angka-angka dapat disusun dalam bentuk barisan. Angka dapat digerakan lisasikan kedalam bentuk decimal, mata uang, notasi detail
3. Membuat grafik. Lembaran penyebaran data memiliki kemampuan membuat grafik. Ciri ini dapat mempermudah visualisasi hubungan antara data,
4. Elemen-elemen database. Kita dapat menciptakan database simple dalam, suatu pembagian dari lembaran penyajian melalui bagian sel di kolom tertentu sebagai ruang database hubungan antar sel itu juga bisa dikalkulasi oleh lembaga penyebaran data.
5. Hubungan makro. Merupakan cara singkat untuk membuat data dari langkah-langkah berbesa menjadi bentuk yang simple.
6. Mencetak dan menyimpan dalam bentuk disket.
Mampu mencetak dan memperbaiki kembali data yang sudah ada melalui data yang tersimpan dan dapat dicetak. Sesuai kebutuhan misalnya: data terdapat dalam puluhan ribu, apabila dalam penyebaran data bisa disajikan data jumlah besar bentuk horizontal dan tercetak dalam format teratur.
Contoh-contoh kegunaan untuk guru dan pelajar kegunaan untuk guru
- Menciptakan buku tingkat untuk menjaga tingkatan Siswa tetap stabil
- Tetap memperoleh data terbaru Siswa-Siswa.
- Membuat perincian biaya material yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran
- Menyajikan penghitungan kompleks dalam satu ruang kelas
Kegunaan Siswa
· Memelihara keuangan dari organisasi pribadi
· Membangun, membuat struktur dari suatu anggaran pribadi
· Memasukkan dan menganalisis data dari ilmu eksperimen
· Menyajikan apa yang akan terjadi simulasi atau hipotesis dari aktivitas yang diuji coba.
Masalah dan jebakan yang tidak dapat diduga
Hal umum yang menjadi masalah adalah cacatnya suatu rumus. Karena misalnya gagal untuk merancang cara yang benar untuk mendapat jawaban yang tepat, masalah sintaksis juga bisa terjadi karena lembaran penyebaran data menekankan pada suatu hirarki ketika menyajikan dat matematis. Rumus yang cacat juga dengan mudah untuk munculnya kesalahan dari pasti memberikan nilai yang salah.
Kitika menggunakan lembaran penyebaran data ini, guru diharapkan membimbing Siswa secara tegas dan jelas suatu keseimbangan yang layak dengan menghapus kalkulasi yang tidak perlu dan memberikan pengertian yang memenuhi syarat masuk akal apa yang dijelaskan lembar penyebaran data digunakan oleh Siswa.
TELEKOMUNIKASI DAN INTERNET
Pada zaman sekarang ini sangat dibutuhkan jaringan. Interkoneksi lebih dari pada computer perorangan. Hal ini bisa terjawab dari jaringan computer dan telekomunikasi.
Ada 2 kategori jaringan computer yaitu :
a. Jarigan area local (LANS) : Jaringan pada area geografis terbatas, dalam satu ruangan pada satu gedung seperti di kantor-kantor, sekolah. Memungkinkan membagi sumber data misalnya: satu printer untuk banyak computer dalam satu ruangan.
b. Jaringan area luas menyajikan sumber data dari area geograpis dari luar negeri/ lebih luas. Contohnya internet.
Internet dikenal sebagai ‘Net’ ‘Cyberscape’ adalah kumpulan cepat dari komputer-komputer dan 10 juta orang dari dunia luas, kumpulan dari aturan umum/protokol komunikasi yang menghubungkan bermacam jenis komputer, jaringan administrasi komputer disebut TCP/IP (Protokol Internet).
Komputer-komputer ini berkomunikasi dengan satu sama lain melalui koneksi jaringan, via alat adaptor jaringan, atau jaringan telepon, menggunakan modem, suatu alat yang mengirimkan informasi komputer digital dalam sinyal yang dapat diterima atau terkirim.
Ciri atau Jenis Telekomunikasi Komputerisasi
Aplikasi dari Telekomunikasi secara komputerisasi contohnya adalah surat elektronik (e-mail), informasi umpan balik dan informasi publikasi.
Surat Elektronik (e-mail)
Suatu cara mengirimkan surat yang lebih cepat dan lebih menyajikan banyak hal dalam berbagai bidang E-mail memungkinkan pesan pribadi terkirim dari satu orang ke orang yang lain atau dari satu orang kepada kelompok. Penyampaian pesan ini dapat dilakukan dan sampai disimpan dalam kotak surat si penerima, dicetak, langsung dibalas atau dikirim lagi kepada orang lain. Akses untuk menggunakan e-mail harus memiliki koneksi dengan internet. Untuk mengirimkan pesan kita harus memiliki akses layanan surat terhubung internet dan harus tahu alamat pengiriman (e-mail address). Formatnya nama pemakai @lokasi. Nama pemakai adalah. tanda identifikasi perorangan di system komputer pribadi. Lokasi adalah system personal komputer.
Gambar 3-8 Pedoman Tentang e-mail dan Alamat di Internet
Satu domain atau lokasi umum (dalam contoh di atas Universitas Purdue). Ututan terakhir menandakan tipe domain. a. edu (menunjukkan “education”) b. com (menunjukkan company) c. gov (menunjukkan government) d. mil (military) e. org (organisasi) - tertentu dalam pusat komputer) sitas Purdue). Urutan akhir ini menandakan tipe domain. - edu ( menunjukkan institusi pendidikan) - com (perusahaan) - gov (pemerintahan) - mil (militer) - org (organisasi) net (jaringan) (omni_cc menandakan komputer atas adalah milik Univer- tertentu dalam pusat komputer) sitas Purdue). Urutan akhir ini menandakan tipe domain. - edu ( menunjukkan institusi pendidikan) - com (perusahaan) - gov (pemerintahan) - mil (militer) - org (organisasi) net (jaringan) |
gambaran |
http : // www. yahoo.com
Tipe sumber –
Contoh : www – satu bentuk
- http : // (halaman pada web) umum – tapi tidak berlaku keseluruhan,
- gopher : // (gopher) gambaran dari website milik situs web.
- ftp : // (situs FTP)
- mailto (e-mail)
Sebagaimana pada gambar 3-8. Domian atau klarifikasi lokasi umum yang teirdentifikasi (dibaca ‘dot’) di akhir kalimat. – Contohnya edu menandakan education, com menjelaskan company, menjelaskan network. Nama kota juga merupakan identifikasi alamat e-mail Internasional seperti fr –france, Au – Australia.
Umpan balik Pemberitahuan Informasi
WWW atau singkatan dari World Wide Web atau web.
Web terdiri dari jutaan situs informasi yang memperlihatkan bentuk hipermedia, menyajikan teks terformat, grafik, animasi dan bahkan informasi audio dan video.
Gambar 3-9 adalah menyajikan web “Gedung Putih”
Pada suatu perangkat lunak digunakan untuk mengakses web disebut browser. Dua browser yang terkenal adalah netscape navigator, Microsoft Internet Explorer. Halaman web (page web) adalah informasi web dalam unit. Situs (website) web terdiri dari satu set halaman yang saling berhubungan biasanya dioperasikan oleh suatu institusi (seperti; organisasi, sekolah, individu, perusahaan). Home page adalah Halaman utama dari informasi untuk satu situs tertentu di web.
Halaman pada web pada umunya memiliki hubungan/link dengan informasi lainnya. Akses link / yang mempresentasikan teks yang berwarna, gambar, atau ikon tertentu.
Setiap situs di internet memiliki alamat unik disebut URL ( Uniform Resources Locator)
Informasi Publikasi
Penggunaan web sudah banyak dipakai oleh hamper semua kalangan baik guru, pelajar, kelas tertentu yang mempunyai proyek tertentu atau informasi tentang sekolah. Web berfungsi sebagai tempat dimana organisasi-organisasi dan individu-individu dapat menunjukakan, memberitahukan informasi kepada orang lain atau khalayak umum. Halaman web ditulis dalam Hypertext Mark up language (HTML). HTML bukanlah istilah komputer konvensional, terdiri dari teks yang tidak terformat dengan label atau ‘tags’ memberitahukan browser bagaimana untuk memperlihatkan informasi.
Contoh-contoh kegunaan untuk Guru dan Siswa
Kegunaan untuk Guru
- Saling mengirim e-mail dalam posisi sama dalam usaha untuk tukar menukar ide dan mengurangi terisilasinya guru.
- Memilki akses database online metode-metode pengajaran, strategi dan rencana pembelajaran.
- Mengumpulkan konten terbaru dari internet untuk merencanakan dan menjalankan pelajaran.
- Merancang homepage ruang kelas memberitahukan orang tua dan komunitas tentang aktivitas kelas, penugasan/pekerjaaan rumah Siswa-Siswa, tugas lapangan mendatang dan lainnya.
Kegunaan bagi Siswa
- Menggunakan e-mail untuk mendapatkan teman pena dan belajar lebih tentang tempat-tempat lain dan budaya atau mempraktekkan bahasa dari luar negeri.
- Tukar menukar tugas tertulis dengan Siswa-Siswa dari berbagai lokasi.
- Membagi data dari eksperimen tertentu di banyak tempat.
- Membuat e-mail kepada guru untuk menanyakan, meminta bantuan, penyerahan tugas.
- Mengadakan riset dengan menggunakan sumber-sumber tertentu secara on-line.
- Mempublikasikan proyek kelas kepada dunia luar melalui website oleh Siswa-Siswa, orang tua dan anggota komunitas
Telekomunikasi komputer menawarkan cara yang baru dan menyenangkan untuk mencapai sesuatu bagi guru dan siswa. Namun informasi cepat bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dengan detail yang sangat teknis, telekomunikasi komputer kadang-kadang bisa saja sulit untuk dikuasai. Masalah yang mendasar adalah komputer memerlukan komponen-komponen yang terpisah-pisah untuk cara kerjanya secara nyata: komputer, modem, atau adaptor jaringan, software komunikasi, telepon atau jaringan komunikasi, dan komputer pengendali. Kadang-kadang semua komponen-komponen tersbut tidak menyatu, jika kamu memliki masalah pada komputer sekolah yang tidak bisa kamu atasi hubungi teknisi komputer . jika kamu memiliki masalah komputer di rumah hubungi Internet service Provider, atau tanya teman yang memahami masalah tersebut untuk mengatasinya.
Banyak guru tertarik pada pengaksesan intrenet yang mudah didapat tapi haruslah diperhatikan. Anda juga harus tahu bahwa Internet itu bersifat tidak teratur. Begitu banyak sumber –sumber yang bagus, contohnya; Library Congress, Smithsonian, Institute, NASA. Tetapi ada juga sumber-sumbert yang tidak ada nilainya. Siswa bisa saja menghabiskan waktunya sia-sia dan menemukan informasi yang tidak akurat. Sebagai guru anda perlu membantu siswa anda berpikir bagaimana mengevaluasi informasi yang mereka peroleh dari internet. Apa yang membuat informasi “ bagus” ? apakah sumbernya reliable ? dapatkah informasi dibuktikan dari sumber yang lain?
Juga sangat penting memberi petunjuk bahwa materi-materi yang tidak bagus untuk anak-anak juga bisa diperoleh di situs-situs internet. Dan juga dari hasil penelitian banyak orang dewasa membujuk anak-anak untuk menggunakan Internet . Walaupun banyak software yang bisa membatasi akses ke website-website yang tidak diinginkan namun, tidak ada software yang sempurna. Walaupun internet itu mudah diakses oleh siswa, pengawasan yang ketat sangatlah penting, dan siswa perlu dididik mengenai sikap tanggungjawab kepada Internet. Setiap sekolah serharusnya memiliki aturan-aturan yang menyebutkan prosedur-prosedur dan kebijaksanaan . kita akan berbicara lebih jauh lagi mengenai penggunaan Internet pada Bab 9.
Pertanyaan Reflektif
1. Sebagai Guru, jenis komputer mana yang didiskusikan pada Bab ini yang paling sering digunakan ?yang jarang digunakan? Mengapa?
2. Bagaimana anda menggunakan komputer untuk membantu siswa memiliki pembelajaran yang lebih berharga
3. Bisakah anda memberikan contoh cara penggunaan software yang belum disiskusikan pada Bab ini yang digunakan untuk belajar dan pembelajaran?
Aplikasi Pembelajaran yang berpusat pada Siswa di Dalam Kelas
Kami berhrap Bab ini memberi banyak ide tentang bagaimana anda menggunakan komputer di kelas anda sendiri. Perlu diingat bahwa komputer yang menggunakan software yang tepat adalah hanya sebuah alat, walaupun merupakan sebuah alat yang serbaguna. Seperti komponen-komponen komputer yang sudah dijelaskan sebelumnya, komputer bisa melakukan banyak hal yang berbeda tetapi tidak untuk semua hal. Tidak selamanya komputer efektif digunakan untuk pembelajaran adakalanya pembelajaran harus dilakukan secara manual. Contohnya; mengajari siswa menulis tulisan tangan hingga menyelesaikan masalah yang kompleks. Walaupun komputer bisa melakukan banyak hal tetapi tidak tepat untuk semua hal. Di dalam proses mengajar dan belajar, sebagai yang dicontoh dengan model, penting mengetahui kapan dan bagaimana penggunaan komponen yang tepat. Sebagaimana yang telah kita telusuri di dalam teks ini tentang cara yang terbaik menyusun dan menerapkan pembelajaran untuk membantu siswa belajar, kita memberikan sorotan bahwa komputer dapat menjadi alat yang berguna baginya.
Tidak ada aturan yang mutlak tentang bagaimana penggunaan komputer di kelas. Komputer adalah inovasi yang baru, dan software sifatnya cenderung berubah. Guru dan sekolah masih terus berusaha menemukan cara yang terbaik untuk membuat komputer berguna. Jangan takut untuk mencoba sesuatu, dan jangan berpikir bahwa anda sudah mengetahui semuanya. Di dalam kelas yang pembelajarannya berpusat pada siswa sewaktu-waktu sangat efektif menjadikan siswa sebagai “guru” dan guru berperan sebagai”siswa”. Intinya dalam kelas seperti itu adalah kolaborasi. Penggunaan komputer untuk memmpelajari software baru pada kelompok kecil siswa yang bekerja pada suatu proyek dapat menunjukkan keuntungan. Memperoleh pengalaman dengan komputer, mengurangi rasa takut dan rasa cemas dalam menggunakan teknologi, menghasilkan penjelajahan. Anda dan siswa anda akan belajar bersama-sama. Semangat berpetualang dan keterbukaan adalah sikap yang paling baik ketika bekerjasama dengan komputer. Ketika anda belajar, anda akan menemukan cara yang lebih baik yang dapat menguntungkan di dalam kelas.
Di dalam pengingat buku, kita menyoroti penggunaan aplikasi komputer kepada topik-topik yang telah didiskusikan. Pada bab 8, kita akan fokus pada bagaimana caranya siswa bisa menggunakan komputer dalam belajar. dan di bab 9 kita akan fokus kepada internet dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Bab berikutnya kita akan fokus pada kemampuan aplikasi komputer dan teknologi-teknologi terpadu yang tepats.Setelah anda membaca teks ini lebih lanjut dengan melihat aplikasi-aplikasinya dan memperhatikan diagram pada halaman depan buku bahwa teknologi itu termasuk ke dalamnya perencanaan, penerapan dan pengevaluasian pembelajaran.
Satu Cerita Guru (oleh Janette Mareno)
Saya masih tidak percaya perubahan apa yang telah dibuat oleh komputer pada pengajaran saya. Ketika saya pertama mengajar, saya tidak menggunakn komputer sama sekali. Saya menggunakan mesin tik, gunting, lem dan selotip. Itulah caranya bagaimana saya melakukannya. Sekarang saya tidak percaya bahwa saya sudah melakukan hal itu semuanya.
Saya masih ingat awal saya mengajar pada tahun kedua. Saya berbicara kepada Sherry yang mengajar di sebelah ruangan saya. Kami sepakat untuk membuat laporan berkala untuk mengundang orangtua untuk pertemuan selanjutnya. Saya kembali ke ruangan saya untuk menggunting dan melekatkan beberapa benda dengan cara lama. Satu menit kemudian Sherry datang ke ruangan saya dan datang membawa hasil pekerjaan yang telah ia buat. “Bagaimana kamu bisa cepat sekali melakukannya?” tanya saya. Dia menjawab,”Saya punya catatan berkala tahun lalu di komputer saya, saya tinggal mengambilnya dan mengubah hal-hal yang harus diperbaharui, mencetak versi yang baru untuk tahun ini dan hasilnya seperti ini.Demikianlah bahwa komputer bahwa komputer bisa melakukannya.
Pada awalnya saya gugup. Saya tidak memiliki pengalaman yang cukup mengenai komputer ketika saya masih di perguruan tinggi tetapi pemertintah menyediakan pelatiuhan tentang komputer dan saya mengikuti kelas tersebut di universitas. Saya memutuskan utnk mengikutinya dan melihat apa yang bisa saya lakukan, tidak lama kemudian saya mulai menggunakan komputer untuk semua aktivitas yang saya lakukan . siswa saya juga ikut terlibat dan membantu saya memecahkan masalah ketika saya mengalami jalan buntu. Saya harus terbiasa pada saat itu saya harus berperan sebagai siswa sementara mereka berperan sebagai guru.
Saya membuat laporan berkala saya sendiri di komputer, melengkapinya dengan beberapa klipart yang rapi yang saya temukan di sebuah CD Room. Saya juga menggunakan Power Point untuk membuat bahan presentasi pada pertemuan orang tua. Saya juga membuat database untuk menyimpan informasi siswa-siswa di kelas, saya membuat sebuah spreadsheet untuk menghitung skor siswa. Seperti minggu lalu saya menggunakan e-mail dan internet.
Saya mengkuatirkan tentang bagaiamana saya menangani masalah yang saya ajar. Sangat sulit melakukannya pada tahun yang lalu dan saya mencari sesuatu yang baru. Akhirnya, pada pertemuan tahun lalu, saya bertemu dengan seorang guru yang bernama Ramona yang mengajar di daerah selatan. Kami sudah sering bertukar e-mail selama beberapa bulan tentang resep-resep makanan dan hal-hal lucu lainnya. Jadi saya pikir saya bisa bertanya kepadanya jika dia memiliki ide-ide yang lain. Saya menggunakan sistem komputer, menggunakan software e-mail, dan mengirim sebuah e-mail kepadanya dia membalas surat saya. E-mail sangatlah hebat!
Ramona tidak benar-benar memiliki ide untuk saya tetapi dia memberikan alamat web-site mengenai rencana pembelajaran yang dia ketahui. Jadi saya membuka kembali komputer saya, browsing ke Netscape Navigator, dan menemukan situsnya. Sangat luar biasa! Ada beribu-ribu rencana pembelajaran pengajaran. Saya mencari topik saya dan menemukan beberapa perencanaan yang saya pikir bermanfaat bagi siswa-siswa saya. Saya mencetaknya, dan saya berusaha menerapkannya dengan versi saya minggu depannya.
Hal tersebut sangat membnatu saya. Anda tahu ? setelah saya mempelajari komputer saya juga telah meggunakan komputer sebagai alat di dalam pemebelajaaran bagi iswa-siswa saya. Siswa-siswa saya mulai mengerjakan proyekproyek yang bervariasi dalam sebuah kelompok yang kooperatif dimana mereka mengumpulkan informasi, memyatukannya dan menghasilkan hasil yang bagus dengan menggunakan komputer.
Saya tidak tahu apa jadinya jika sya tidak menggunakan komputer. Komputer merupakan suatu alat asisten elektronik guru yang sudah menjadi mitra.
Kesimpulan
Pada Bab ini, kami menelusuri aplikasi-aplikasi komputer untuk belajar dan pembelajaran. komputer bisa dilakukan dengan tiga cara:sebagi guru, sebagai asisten dan sebagai siswa. Sejumlah Software yang berbeda yang digunakan untuk tujuan pendidikan termasuk di dalamnya membuat Prosesor, grafik dan desktop publishing, software presentasi, database, spreadsheet, telekomunikasi komputer dan Internet.kami menjelaskan setiap fitur pada masing-masing software, menghadirkan jenis aplikasi untuk guru dan siswa, dan mendiskusikan masalah dan kesulitan yang berpotensi terjadi.
Aktivitas Reflektif
· Surveylah sekolah yang menggunakan sistem komputer. Jenis komputer mana yang digunakan? Jenis hardware dan software apa yang digunakan sistem komputer yang ada di sekolah tersebut?
· Cari sebuah tugas yang yang berhubungan dengan penelitian dan penulisan (contohnya makalah). Apakah kamu menggunakan internet pada penelitian? Jika demikian bagaiamana caranya? Jika tidak bagaimana kamu mengerjakannya? Apakah kamu menyusun makalah menggunakan sebuah Word Processor ? jika demikian fitur khusu apa yang bisa kami temukan yang paling berguna? Jika tidak fitur apa yang biasanya digunakan ?
· Berdiskusilah kepada seorang guru yang menggunakan komputer. Peralatn komputer apa yang biasanya dia gunakan secara teratur? Untuk tujuan apa? Jenis peralatan komputer apa yang sering digunakan siswanya secara teratur? Untuk tujuan apa?
Sumber-sumber yang Disarankan
Grabe, M.Grabe, C. (1997). Integrating technology for meaningful learning. Boston, MA: Houghton Mifflin
Jonassen,D.H.(1996). Computers in the classroom: mindtools for critical thinking.Upper Saddle River,NJ:Merril?Prentice Hall
Lockard,J., Abrams,PD& Many, W.A. (1997). Microcomputers for twenty first century educators. New York:Longman
Roblyer,M.D., Edwards,J., & Havriluk,M.A. (1997).Integrating educational technology into Teaching. Upper Saddle River, NJ: Merril/Prentice Hall.
Simonson, M.R., & Thompson, A. (1997). Educational computing foundations. Upper Saddle River,NJ,NJ:Merril/Prentice Hall
Taylor, R.P(Ed.). (1980). The computer in the school: Tutor, tool,tutee. New York: Teachers College Press.
Websites
Yahoo Computer dan Internet:
KESIMPULAN
Teknologi Pembelajaran untuk Belajar dan Mengajar, akan menunjukkan bagaimana meningkatkan belajar dengan mendesain pelajaran yang menggunakan teknologi pembelajaran, termasuk komputer dan media lainnya.
Bab ini memperkenalkan teknologi pembelajaran, dan memperkenalkan konsep dasar belajar dan teori-teorinya yang dapat membantu kita untuk memahminya. Merancang rencana pembelajaran untuk meningkatkan belajar siswa, anda harus memperhatikan jenis-jenis alat yang tersedia untuk membantu anda dan siswa anda. Pada bab ini, komputer diperkenalka sebagai sebuah alat yang multi guna yang dapat menguntungkan anda dan siswa anda dalam cara yang berbeda-beda. Bab ini memaparkan sebuah gambaran dari aplikasi-aplikasi komputer dalam belajar dan mengajar dan fokus pada peralatan-peralatan yang dapat membantu anda dan siswa anda dengan tugas-tugas umum.
Komputer adalah alat yang multiguna untuk belajar dan mengajar. Alat ini bisa membantu dengan berbagai jenis latihan belajar mengajar. Tidak perlu alat-alat yang terpisah-pisah untuk latihan-latihan umum seperti menulis, menggambar, mengisi, dan menghitung. Komputer memiliki suatu alat yang bisa melakukan itu semua. Pada bab ini kita akan melihat lebih dekat lagi jenis alat multiguna ini.
Kemampuan komputer ditentukan oleh hardware dan softwarenya yang terdiri dari sistem komputer yang khusus. Kemampuan fisik dari sistem komputer disebut hardware. Hardware mengatur batasan-batasan yang pasti pada apa yang dapat dilakukan komputer. Dengan hanya menggunakan layar monochrome, contohnya sebuah komputer tidak dapat menampilkan gambar-gambar yang multiwarna. Sebuah alat multiguna mengubah fungsi ketika peralatan yang dilekatkan diubah. Didalam sebuah komputer, fungsi berubah dengan mengubah softwarenya. Software adalah istilah untuk program-program atau perintah-perintah yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh komputer. Software membantu untuk membuka kemampuan hardware. Sebuah komputer mampu melakukan jenis tugas yang luar biasa, namun setiap tugas mengharuskan software yang tepat.
Dalam istilah populer, kata komputer mengacu kepada sebuah mesin yang memproses informasi berdasarkan seperangkat perintah. Ketika seseorang menggambarkan sebuah kompter, mereka memikirkan alat yang memiliki layar yang memiliki element-element seperti keyboard, bagian disk drive, dan sebuah monitor. Namun dalam kenyataannya, hal tersebut merupakan sistem komputer, kumpulan komponen-komponen termasuk komputer dan bagian-bagian non pokok, atau alat-alat yang hanya mendukung kemampuan komputer. Komputer merupakan alat untuk memproses data. Komponen-komponen non pokok bertugas membawa informasi ke dalam komputer (alat input) atau membawa informasi ke luar (alat output).
Ada tiga kategori sistem komputer yang secara umum dikenal. Yang paling besar dan yang paling kuat disebut Komputer Mainframe. Komputer ini memiliki kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, kecepatan memproses data yang sangat cepat, dan bisa digunakan oleh banyak orang secara spontan. Komputer mainframe sangat mahal dan biasanya digunakan oleh bisnisman, universitas, dan pemerintah untuk memproses tugas-tugas dalam skala besar. Komputer Mainframe yang paling kuat dan yang paling cepat disebut Supercomputers. Jenis sistem komputer yang kedua adalah minicomputer, yang memiliki ciri-ciri kapasitas penyimpanan data dan kecepatan memproses data yang sedang dan digunakan hanya beberapa orang saja. Jenis sistem komputer ini hanya digunakan oleh pebisnis kecil dan sekolah-sekolah yang lebih besar. Kategori yang ketiga adalah personal komputer atau microcomputer adalah yang paling kecil, sedikit lebih kecil, dan agak lebih murah. Jenis komputer ini ditujukan untuk kegunaan pribadi.
Komputer bisa dilakukan dengan tiga cara: sebagi guru, sebagai asisten dan sebagai siswa. Sejumlah Software yang berbeda yang digunakan untuk tujuan pendidikan termasuk di dalamnya membuat Prosesor, grafik dan desktop publishing, software presentasi, database, spreadsheet, telekomunikasi komputer dan Internet.kami menjelaskan setiap fitur pada masing-masing software, menghadirkan jenis aplikasi untuk guru dan siswa, dan mendiskusikan masalah dan kesulitan yang berpotensi terjadi.
KUMPULAN-KUMPULAN TOOLBOX
FIGURE 3-2. Sebuah layar dari Microsoft Word yang menunjukkan WYSISYG. Template layar dan text yang dicetak ulang telah mendapat izin dari Microsoft Corporation. Ilusstrassi oleh Tom Kennedy.
Figure 3-9 Home Page dari situs World Wide Web untuk Gedung Putih. Sumber: Gedung Putih
FIGURE 3-2. Sebuah layar dari Microsoft Word yang menunjukkan WYSISYG. Template layar dan text yang dicetak ulang telah mendapat izin dari Microsoft Corporation. Ilusstrassi oleh Tom Kennedy.
Word Processing
Word processor adalah alat untuk menulis. Alat ini mengatasi banyak kesulitan yang berhubungan dengan pembuatan dan pengeditan versi tulisan yang benar secara mekanis . setelah teks diketik seketika akan muncul di layar komputer.
Jika kesalahan terjadi, dapat diperbaiki. Hasil yang “bersih” dapat dicetak. Word processor dapat disimpan pada hard disk komputer untuk dikopi, direvisi, dan digunakan kembali.
Fitur-fitur word processor
Fungsi yang paling penting dari Word Processor dibagi kedalam empat kategori utama, yaitu:
· Text entry dan editing
· Text formating dan page layout untuk printing.
· Fitur khusus assisting.
· Penyimpanan dan pengkopian dokumen.
Word processor memasukkan dan mengedit teks secara sangat simple. Word processor juga sangat mengontrol bentuk penampilan teks yang muncul pada halaman cetak
Figure 3-3 Sebuah layar dari Broderbund Kid Pix, sebuah grafik populer untuk siswa sekolah dasar. Sumber: KidPix, 1999, The Learning Company, Inc.
Figure B Sebuah Scanner yang mengcopi sebuah gambar dari komputer
TOOLBOX
TOOLS
(Lanjutan)
Anda bisa merekayasa gambar grafik yang discan untuk aplikasi desktop publishing atau mengambilnya dari software grafik. Scanner juga bisa digunakan untuk mengambil teks. Dalam kasus ini, alat tesebut menscan gambar pada halaman yang sudah dicetak, namun gunakanlah software OCR khusus untuk mengubah gambar menjadi teks yang dapat diedit yang dapat ditransfer ke wors processor.
Kamer digital merupakan salah satu penemuan terbaru dalam pembuatan grafik (Figure C). Kamera ini mengambil gambar seperti kamera lainnya, namun disimpan pada disk atau pada sebuah chip memory untuk selanjutnya ditransfer ke sebuah komputer.
Figure 3-6 Komponen-Komponen Database Komputer
TOOLBOX
TIPS
MERAWAT SISTEM KOMPUTER
Merawat hardware dan software komputer sangatlah penting untuk menjaga sistem komputer tetap bekerja dengan baik. Rawatlah sistem komputer seperti berikut ini:
1. Gunakanlah pelindung gelombang listrik untuk melindungi turun naikknya listrik.
2. Gunakan alat anti gangguan listrik untuk mencegah permasalahan gangguan listrik.
3. Bersihkan komputer dari debu dengan menggunakan alat penyedot seperti vacum cleaner yang dirancang khusus untuk komputer.
4. Bersihkan drive disk, printer, dan alat-alat pendukung lainnya dengan alat khusus yang dirnacang untuk membersihkan alat-alat tersebut.
Disk-disk pada komputer sangatlah rentan terkena serangan dari berbagai sumber. Untuk mencegah hal itu, perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Jauhkan disk dari bahan-bahan yang terbuat dari magnet. Bahan-bahan magnet dapat menghilangkan data.
2. Jauhkan disk dari tempratur yang ekstrim. Tempratur yang baik antara 50 ˚F dan 125 ˚F
3. Jangan buka tembaga penutup pada floopy disk
4. Jauhkan disk dari kotoran, debu, dan zat pencemar lainnya.
5. Jangan menjatuhkan disk; pembungkus plastiknya bisa rusak, dan tembaga penutupnya bisa hancur.
6. Jangan paksa disk masuk atau keluar disk drive.
7. Ketika anda tidak menggunakan disk, simpan disk pada tempat yang dibuat khusus untuk penyimpanan disk.
Juga sangat penting untuk menjaga software komputer dengan benar. Kegunaan software membantu anda untuk mengatur keterpaduan software aplikasi dan cara kerja disk. Kapasitas disk yang besar berisi ribuan file berhubungan dengan masalah penyimpanan dan pencarian file. Disk yang sudah lama dapat menimbulkan kerusakan yang dapat menimbulkann kerusakan. Program-program seperti Norton Utilities, First Aid, Check-It, atau Windows ScanDisk digunakan secara teratur dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah-masalah yang ada pada disk.
Program file dan dokumen disimpan pada sebuah hard disk pada bagian-bagian tempat yang berbeda pada dari disk tersebut. Disk yang sudah lama dapat merusak sebagian dokumen yang tersimpan di dalam disk. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan sistem kompuer berkerja lamban dan dapat memungkinkan terjadinya error. Untuk mencegah kerusakan gunakanlah program yang didesain untuk menghindari terjadinya kerusakan seperti Norton Utilities, Speed Disk atau Windows Defrag. Pastikan selalau memeriksa hard disk anda dan lindungai data anda sebelum menggunakan suatu program.
Terakhir, cara yang paling penting untuk mengindari diri anda sendiri dari masalah adalah dengan menlindungi hasil kerja anda. Pastikan anda telah membuat dua atau lerbih salinan dari pekerjaan setiap pekerjaan anda. Jika anda kehilangan suatu file karena sesuatu, anda masih punya pertinggalnya. Anda harus melindungi setiap hard disk secara teratur dengan menggunakan sistem pelindunga, disk yang berkapasitas tinggi yang mampu dipindah-pindahkan(contoh: Zip, Jaz, SuperDisk), atau penyimpanan lainnya.
TABEL 3-1 Common Features of Word Processors
Memasukkan Teks dan Mengedit Teks | Memformat | Fitur-fitr Khusus | Penyimpanan dan Pencarian |
· Word wrap. Pembuat paragraf baru. Mengenter kunci ini menunjukkan baha suatu paragraf berakhir. · Pengontroo Kursor. Menggunakan mouse untuk mengarahkan kursor didalam dokumen. · Insertion. Memasukkan teks secara otomatis pada lokasi yang ditunjukkan kursor. · Deletion. Menghapus teks yang ditunjukkan kursor. · Text Selection. Memilih sebagian teks untuk pengeditan dan pemformatan selanjutnya. · Block Operation. Mengkopi, memindahkan, memformat, teks yang sudah diblok pada dokumen. · Search and Replace. Mencari dan mengganti suatu kata atau frase yang ada pada dokumen. · Undo. Menggembalikan pengeditan dan pemformatan ke bentuk semula. Fitur ini bisa memperbaiki kesalahan. | · Font. Bentuk dari teks itu sendiri. Bentuk-bentuk teks bervariasi seperti Times, halvetica,dan Courier. · Type Style. Pelengkap teks termasuk boldface, italic, underline dan sebagainya. · Margins dan Tabs. Batas garis tepi ke empat sisi dokumen dapat diatur. Tap dapat diatur berdaskan margin yang telah diatur. · Text Allignment. Teks bisa diletakkan di tengah, kiri, kanan atau setara kiri dan kanan. · Line Spacing. Spasi tunggal atau dobel, atau setengah dapat diatur dengan mudah. · Paging. Pemberian halaman dapat dilakukan secara otomatis walaupun penggunanya dapat membuat halaman sendiri. · Grafik. Gambar dapat dicantumkan pada dokumen. · Tabel. Data-data dalam tabel dapat dicantumkan didalam dokumen. · Other. Fitur formating yang lain termasuk headers, footers, dan footnotes. · Printing. Setelah memformat, dokumen dapat dicetak pada layar lalu dicetak pada kertas. | · Spelling Checker. Software yang mengidentifikasi kata-kata yang tidak sesuai dengan kamus. · Grammar Checker. Software yang mengidentifikasi sebaris tata bahasa yang salah dan memformatnya. · Thesaurus. Pencarian kata-kata yang memiliki sinonim kata versi komputer. · Outliner. Sebuah fitur outlining otomatis. | · Storage. Dokumen dapat disimpan pada floopy disket atau hard disk. A “Save As”. · Retrieval. Dokumen dapat dikopi dari disk melalui working memorry. · File Import dan Eksport. Seseorang bisa menyimpan dan mengkopi file pada word processing dan format text lain. Hampir semua word processor dapat menyimpan dan mengkopi ASCII. Beberapa diantaranya dapat membaca dan menulis HTML, format Web dokumen. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar