Senin, 10 Oktober 2011

RPP IPS

SILABUS

NAMA SEKOLAH               : SMK NEGERI 1 BINJAI
MATA PELAJARAN            : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER             : X/1
STANDAR KOMPETENSI  : Memahami Kehidupan Sosial Manusia
KODE KOMPETENSI                      : 1
ALOKASI WAKTU              : 14 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1  Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial

§ Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
·    Pengertian interaksi sosial
·    Pengertian proses sosial
·    Syarat interaksi sosial
§ Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
§ Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
·    Tes lisan
·    Tes tertulis
·    Pengamatan
4
-
-
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/ kliping
§ Lingkungan sosial sekitar
1.2  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

§ Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
§ Pembentukan kepribadian  dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
·    Pengertian sosialisasi
·    Media sosialisasi
·    Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
§ Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
§ Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
§ Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian   menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
·    Tes lisan
·    Tes tertulis
·    Performansi
·    Pengamatan
·    Portofolio
2
-
-
1.3  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
§ Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
§ Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
·    Interaksi primer
·    Interaksi sekunder
§ Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
§ Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
·    Tes lisan
·    Tes tertulis
·    Portofolio
·    Pengamatan
2
-
-



NAMA SEKOLAH               : SMK NEGERI 1 BINJAI
MATA PELAJARAN            : lmu Pengetahuan Sosial (IPS)
KELAS/SEMESTER             : X/1
STANDAR KOMPETENSI  : Memahami Proses Kebangkitan Nasional
KODE KOMPETENSI                      : 2
ALOKASI WAKTU              : 6  x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah

§ Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dijelaskan berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah
·  Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
·  Masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
·  Dampak sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara
·  Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat
§ Mendiskusikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
§ Mencari sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta  terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam Paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
§ Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi,politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara
§ Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme
·  Tes tertulis
·  Tes lisan
·  Observasi
·  Performansi
·  Portofolio
6
-
-
·  Buku-buku
·  sejarah
·  CD pembelajaran sejarah
·  Slide peristiwa-peristiwa sejarah
·  Foto-foto tokoh  dan peristiwa sejarah
·  Museum
·  Perpustakaan
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia
§ Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia diidentifikasi sesuai dengan corak perjuangannya
·  Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
·  Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
·  Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
·  Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa  serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
§ Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
§ Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
§ Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
§ Mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia

§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Performansi
§ Portofolio
6
-
-
· Buku-buku pembelajaran sejarah dan sumber tercetak lain yang relevan
§ Foto-foto tokoh  dan peristiwa sejarah
§ CD pembelajaran sejarah
§ Museum
§ Perpustakaan


NAMA SEKOLAH               : SMK NEGERI 1 BINJAI
MATA PELAJARAN            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
KELAS/SEMESTER             : X/2
STANDAR KOMPETENSI  : Memahami Permasalahan Ekonomi Dalam Kaitannya Dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan  dan Sistem Ekonomi
KODE KOMPETENSI                      : 3
ALOKASI WAKTU              : 14 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
3.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
§ Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§ Kebutuhan manusia diindentifikasikan sesuai dengan macamnya
§ Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai dengan sifatnya
Kebutuhan Manusia
§ Pengertian Kebutuhan
§ Macam-macam kebutuhan
§ Faktor yang mempengaruhi kebutuha
·  Mencari informasi tentang: pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.

·  Mendiskusikan secara berkelompok bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.

·  Mendiskusikan secara berkelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa.
·  Tes  lisan
·  Tes tertulis
·  Pengamatan

2

-
-
·  Buku-buku ekonomi

·  CD pembelajaran

3.2  Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

§ Benda pemuas kebutuhan manusia diidentifikasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya
§ Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
·  Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia
·  Pengertian kelangkaan

·   Mendiskusikan secara berkelompok mengenai jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber

·   Mendiskusikan arti dan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·  Tes tertulis
·  Tes lisan
·  Pengamatan
·Penugasan
4
-
-
·   Buku-buku ekonomi
·   CD pembelajaran
·   Kliping koran dan majalah
·   Internet


§  Kelangkaan diidentifikasikan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.
§ Biaya peluang diidentifikasikan sesuai dengan pengertiannya
§ Contoh biaya peluang ditunjukkan sesuai dengan penyebabnya
·   Faktor penyebab kelangkaan
·  Pengertian biaya peluang.
·   Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.

·Mendiskusikan kegiatan pemilihan pemuasan kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang.
·Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain





3.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
§ Barang dan jasa diidentifikasi kan sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
§ Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§ Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan macamnya
§ Sistem ekonomi diidentifikasikan  sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonom
Masalah Pokok Ekonomi :
·  Barang apa yang diproduksi.
·  Bagaimana cara memproduksi.
·  Untuk siapa barang diproduksi.
Sistem ekonomi :
·  Pengertian Sistem ekonomi
·  Macam-macam sistem ekonomi
·  Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·  Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
·  Mendiskusikan masalah pokok ekonomi : apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
·  Mengidentifikasi barang dan jasa apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan jasa
·  Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi : pengertian, macam, dan kebaikan-kelemahan
·  Mendiskusikan  cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara
·  Tes tertulis
·  Tes lisan
·  Pengamatan
·  Penugasan

4
-
2
(8)
·  Buku-buku ekonomi
·  CD pembelajaran
·  Produsen barang dan jasa
·  Majalah









NAMA SEKOLAH               : SMK NEGERI 1 BINJAI
MATA PELAJARAN            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
KELAS/SEMESTER             : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Konsep Ekonomi Dan Kaitannya Dengan Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga dan pasar
KODE KOMPETENSI                      : 4
ALOKASI WAKTU              : 20 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
4.1  Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya
§ Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya






§ Pelaku-pelaku ekonomi diidentifikasi sesuai dengan peran dan pola interaksi diantara mereka
§ Produksi, distribusi, dan konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama :
-   Pengertian dan tujuan produksi, distribusi, dan konsumsi.
-   Fungsi produksi dan distribusi



§ Pelaku-pelaku ekonomi
-   Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri.
§ Peran dan pola interaksi pelaku ekonomi
§ Mendiskusikan secara berkelompok tentang beberapa benda yang ada dikelas dalam kaitannya dengan  kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.

·   Mengkaji referensi tentang pelaku-pelaku ekonomi : peran  dan pola interaksi diantara mereka.


§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan

2
-
-
§ Buku-buku ekonomi
§ Koran
§ Internet
§ CD pembelajaran

4.2  Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
§ Motif ekonomi dideskripsikan sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi




§ Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan prinsip ekonomi
§ Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan berbagai motif ekonomi
§ Prinsip ekonomi









§ Berbagai motif ekonomi

§ Menggali informasi tentang pengertian prinsip ekonomi dan motif ekonomi dan macamnya melalui studi pustaka

§ Mendiskusikan berbagai contoh tindakan/kegiatan masyarakat yang dilandasi prinsip ekonomi dan motif-motif ekonomi
§ Tes lisan
§ Penugasan
2
-
-
§ Buku-buku ekonomi
§ Koran, majalah
§ Lingkungan sekitar (Koperasi sekolah)
4.3  Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
§ Manfaat dan nilai suatu barang dideskripsikan sesuai dengan macamnya


§ Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dideskripsikan sesuai dengan pembagiannya.


§ Perilaku konsumsi diuraikan sesuai dengan macamnya.
Perilaku konsumen dan produsen
· Manfaat dan nilai suatu barang
· Perilaku konsumen
· Perilaku produsen
§ Membahas manfaat dan nilai suatu barang dan contoh-contohnya


§ Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka
§ Mendiskusikan secara berkelompok mengenai perilaku konsumen dan produsen
·  Tes tertulis
·  Tes lisan
·  Penugasan 
2
-
-
§ Buku-buku ekonomi
§ Lingkungan (perusahaan)
§ Koran
§ CD pembelajaran
4.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
§ Permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya








§ faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan jenisnya

§ kurva permintaan dan penawaran digambarkan sesuai dengan contoh-contoh yang ada.

Permintaan dan Penawaran
§ Pengertian permintaan dan kurva permintaan.
§ Faktor yang mempengaruhi permintaan.
§ Pengertian penawaran dan kurva penawaran
§ Faktor yang mempengaruhi  penawaran

§ Menggali informasi untuk menemukan arti permintaan dan penawaran.








§ Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal lewat kliping koran).
§ Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang dan sesudah hari raya).
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Penugasan
2
-
-
·  Buku-buku ekonomi
·  Koran/kliping koran
·  Laporan penjualan perusahaan beberapa periode
4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya

§ hukum permintaan dan hukum penawaran dideskripsikan sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari
§ contoh penerapan hukum permintaan dan hukum penawaran ditunjukkan sesuai dengan kejadian dalam kehidupan di masyarakat.




§ Fungsi penawaran dan fungsi permintaan dideskripsikan sesuai dengan pencermatan pada kurva
·   Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran

·   Fungsi Permintaan dan fungsi penawaran
§ Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
§ Mendiskusikan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : lewat media koran).

§ Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui  pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
§ Tes tertulis
§ Tes lisan

-
-
·  Buku-buku ekonomi
·  Koran/kliping koran
·  CD pembelajaran
4.6 Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas
§ Terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan  prosesnya
§ proses terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik
§ Pergeseran titik keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan sebab-sebabnya.
§ elastisitas dideskripsikan sesuai dengan pengertian dan macam-macamnya
§ elastisitas permintaan dan  penawaran dihitung dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
§ Pengertian Harga  Keseimbangan
§ Menentukan harga  keseimbangan
§ Pergeseran titik keseimbangan
§ Pengertian elastisitas dan macam- macamnya.
§ Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran
·   Mendiskusikan  proses terbentuknya harga keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·   Menentukan harga keseimbangan dengan  menggunakan tabel, dan grafik
·   Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam
elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
·   Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
·   Tes tertulis
·   Tes lisan
·   Penugasan
4
-
-
·  Buku-buku ekonomi
·  Kliping koran
·  Majalah
4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa

§ berbagai pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
§ contoh nyata berbagai bentuk pasar dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
Pasar output
·     Pengertian pasar barang dan jasa






·     Bentuk-bentuk  Pasar barang (pasar output)

§  Melakukan kajian referensi untuk mendeskripsikan pengertian dan  bentuk-bentuk pasar barang dan jasa


§  Menggali informasi mengenai contoh-contoh kongkrit yang ada di lingkungan dari tiap bentuk pasar melalui kunjungan lapangan
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Pengamatan
§ Penugasan
2
-
2 (8)
§ Buku-buku ekonomi
§ Koran
§ Majalah bisnis
§ Lingkungan sekitar
§ Berbagai pasar

                                                                                                                                                                                                Binjai,        September  2011
Mengetahui,                                                                        Disetujui oleh :                                                                       Guru Mata Diklat,
Kepala SMK Negeri 1 Binjai                                             Wakasek Kurikulum



Drs. Muhammad Basir                                                       Drs. Antonius Tarigan                                                            Eka Lestari, S.Pd
NIP. 19610825 198703 1 003                                                            NIP. 19590509 1987 1 002                                                    NIP.19821226 201001 2 034




ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMK Negeri 1 Binjai
Mata Diklat                : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester         : X / 1 (Ganjil)
Program Keahlian     : Semua Jurusan
Tahun Pelajaran       : 2011/2012

No
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Penjabaran
Penyesuaian
Keterangan
Metode
Sumber
Alokasi waktu
I
Memahami kehidupan sosial manusia
1.1.   Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial  

·     Pengertian interaksi sosial
·     Pengertian proses sosial
·     Syarat interaksi sosial

·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan

·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran
Evaluasi submatif : 2 JP
Remedial / cadangan : 2 JP

1.2.   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
·     Pengertian sosialisasi 
·     Media sosialisasi
·     Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran

1.3.  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
·     Interaksi primer
·     Interaksi sekunder
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran


No
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Penjabaran
Penyesuaian
Keterangan
Metode
Sumber
Alokasi waktu
II
Memahami proses kebangkitan nasional
2.1.   Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah.   


·     Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia timur.
·     Masuknya kekuatan asing di nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia – Belanda sistem tanam paksa, sistem politik pintu terbuka dan politik etis.
·     Dampak sosial, ekonomi, politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme barat di nusantara.
·     Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme barat. 


·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan


·     Buku-buku sejarah
·     Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah
10 Jam Pelajaran
Evaluasi submatif : 2 JP
Remedial / cadangan : 2 JP
Ulangan umum semester I = 2 JP


No
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Penjabaran
Penyesuaian
Keterangan

2.2.   Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia 
·     Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan faktor eksternal)
·     Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional.
·     Bentuk dan strategi organisasi pergerakan nasional Indonesia.
·     Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia.
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku-buku sejarah
·     Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah
8 Jam Pelajaran


Binjai,    September 2011
Mengetahui,                                                                                                                                                   Guru Mata Diklat,
Wakasek Kurikulum



Drs. Antonius Tarigan                                                                                                                                  Eka Lestari, S.Pd
NIP. 19590509 1987 1 002                                                                                                                            NIP. 19821226 201001 2 034

                                                                                                                                                                       














ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMK Negeri 1 Binjai
Mata Diklat                : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester         : X / I1 (Genap)
Program Keahlian     : Produktif Akuntansi
Tahun Pelajaran       : 2011/2012
No
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Penjabaran
Penyesuaian
Keterangan
Metode
Sumber
Alokasi waktu
3
3.  Memahami Permasalahan Ekonomi Dalam Kaitannya Dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan  dan Sistem Ekonomi
3.1.   Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial  

·     Pengertian interaksi sosial
·     Pengertian proses sosial
·     Syarat interaksi sosial

·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan

·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran
Evaluasi submatif : 2 JP
Remedial / cadangan : 2 JP

1.2.   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
·     Pengertian sosialisasi 
·     Media sosialisasi
·     Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran

1.3.  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
·     Interaksi primer
·     Interaksi sekunder
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran






No
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Penjabaran
Penyesuaian
Keterangan
Metode
Sumber
Alokasi waktu
4
4.  Memahami Konsep Ekonomi Dan Kaitannya Dengan Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga dan pasar
4.1.   Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial  

·     Pengertian interaksi sosial
·     Pengertian proses sosial
·     Syarat interaksi sosial

·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan

·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran
Evaluasi submatif : 2 JP
Remedial / cadangan : 2 JP

1.2.   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
·     Pengertian sosialisasi 
·     Media sosialisasi
·     Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran

1.3.  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
·     Interaksi primer
·     Interaksi sekunder
·     Ceramah
·     Diskusi
·     Tanya jawab
·     Penugasan
·     Buku Pedoman Ilmu Pengetahuan Sosial 1A untuk SMA
·     Buku-buku sosiologi
·     Buku-buku sejarah
2 Jam Pelajaran









Binjai,    September 2011
Mengetahui,                                                                                                                                                   Guru Mata Diklat,
Wakasek Kurikulum



Drs. Antonius Tarigan                                                                                                                                  Eka Lestari, S.Pd
NIP. 19590509 1987 1 002                                                                                                                            NIP. 19821226 201001 2 034


Tidak ada komentar:

Posting Komentar